Masuki Usia Ketiga, Komunitas Musisi I.Ki Sabet Banyak Prestasi

Senin, 19 November 2018 - 21:31 WIB
Masuki Usia Ketiga, Komunitas Musisi I.Ki Sabet Banyak Prestasi
Masuki Usia Ketiga, Komunitas Musisi I.Ki Sabet Banyak Prestasi
A A A
JAKARTA - Komunitas musisi Indonesia Kita (I.Ki) yang berada di bawah komando Renny Djajoesman baru saja merayakan ulang tahun ketiga. Perayaan ulang tahun kali ini seakan terasa lebih istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ya, pada tahun ini, selain resmi merilis album berjudul "Kebersamaan", I.Ki juga menerima penghargaan "Produksi Album Rock Terbaik" dari ajang AMI Awards 2018.

"Di samping itu, Audiensi Band yang personelnya merupakan anggota I.Ki dianugerahi penghargaan MURI sebagai 'Band Pengiring 100 Musisi'. Perolehan rekor ini didapat, karena selama 10 jam, Audiensi tidak henti memainkan musik dalam konser kemanusiaan yang bertajuk 'Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu, Donggala Sulteng' di Kemang Village, Jakarta pada 5 Oktober lalu," papar Ketua I.Ki, Renny Djajoesman dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.

Renny menjelaskan bahwa I.Ki lahir karena kebersamaan musisi dan hingga kini masih terus terjalin dengan baik kebersamaan tersebut. "I.Ki lahir dan dibangun atas kebersamaan musisi penyanyi untuk menggaungkan lagu-lagu cinta Tanah Air, kebangsaan dan toleransi atas sesama, mini album perdana I.Ki menjadi bagian dari kampanye 'Bela Negara' Kementerian Pertahanan," ungkap rocker wanita kelahiran 2 Januari 1959 itu.

Kelahiran I.Ki sendiri dibidani oleh Renny dan salah satu drummer kenamaan Indonesia, Rere. Kemudian muncul Jelly Tobing, Sylvia Saartje, dan selanjutnya berkembang dengan mengumpulkan banyak musisi pernyanyi senior yang didominasi para musisi rock.

Lagu tema yang lahir dari album pertama adalah "Indonesia Kita" karya Jelly Tobing, didampingi dengan lagu-lagu "ASAP" (Amiroez lirik Renny Djajoesman dan Damhuri), "Kita Adalah Satu" (Sylvia Saartje/Amiroez ), "Indonesiaku" (Irish Riswoyo) dan "Nusantara Satu" (alm Tonny Koeswoyo).

Komunitas yang menempatkan Letjen Ediwan Prabowo sebagai penasihat ini awalnya hanya didukung oleh 40-an musisi dan penyanyi rock, berhasil merapat di Kementerian Pertahanan. Mini album itu menjadi bagian kampanye Bela Negara Kemenhan, dengan judul albumnya "Bela Negara Indonesia".

Mini album ini sempat dipresentasikan di depan masyarakat luas di lapangan Silang Monas Jakarta pada Desember 2016, dan dihadiri oleh Menhan RI, Jenderal (Pur) Ryamizard Ryacudu dan pejabat Kemenhan.

Komunitas musisi I.Ki juga pernah diundang tampil di Surabaya dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, oleh Kapolda Jawa Timur saat itu, Irjen (Pol) Anton. "Ini adalah pementasan I.Ki yang terbesar dan terheboh, sebelumnya ultah I.Ki pertama kami peringati dalam sebuah pementasan di Bentara Budaya Jakarta," ucap Renny.

Sejak manggung di Surabaya itulah, I.Ki mulai didukung oleh banyak musisi lintas genre (rock, pop, reggae, jazz), lintas usia (Riffy Putri, Ikmal Tobing, Taraz Bistara, Damon Koeswoyo dll), serta lintas kota (Jakarta, Malang, Surabaya, Bandung).

Pada awal 2018, Donny Hardono leader band serba bisa Audiensi, yang juga pengurus I.Ki, berinisiatif merekam album baru yang dibawakan anggota I.Ki, dan album dengam judul "Kebersamaan" itu dirilis jelang penutupan pendaftaran peserta AMI Awards 2018, yakni akhir Juni 2018. Donny Hardono bersama kakaknya, gitaris dan vokalis Prass, menyumbang satu lagu berjudul "I.Ki". Lagu ini dimainkan dan dinyanyikan oleh 48 musisi dan penyanyi I.Ki yang sempat hadir di studio rekaman DSS dan menjadi lagu tema yang masuk penjurian kategorisasi AMI Awards 2018.

Album yang diberi judul "Kebersamaan" memenangi penghargaan sebagai Album Rock Terbaik AMI Awards 2018 dari produksi DSS Music. "Keinginan kami adalah I.Ki bisa menjadi komunitas musisi penyanyi Indonesia, yang terbuka bagi siapa saja pekerja seni Indonesia, terkompak dan satu visi untuk menjadikan musik Indonesia lebih baik," papar Renny.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3606 seconds (0.1#10.140)